Sekitar 300 orang menikmati berbagai masakan dan minuman khas Indonesia, namun yang lebih penting adalah promosi melalui media massa di mana sekitar 50 media memberitakan gastronomi Indonesia baik di Madrid ataupun di Sevilla. Dikatakannya KBRI Madrid bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Hotel Melia, selama dua minggu mengajak “lidah” orang Spanyol berkelana ke Indonesia. Pekan gastronomi Indonesia ini merupakan kegiatan kedua kalinya diadakan sebelumnya pada bulan Januari juga dilaksanakan kegiatan sejenis.
Menurut Dubes Adiyatwidi Adiwoso A, promosi gastronomi Indonesia perlu dilakukan secara berkelanjutan karena makanan merupakan media yang efektif untuk menggambarkan suatu negara. Yang paling ideal adalah adanya restoran yang menyajikan masakan Indonesia, ujarnya. Saat ini terdapat beberapa restoran Indonesia di Barcelona, Alicante dan beberapa kota lainnya sayangnya di kota Madrid tidak ada, pernah ada namun tutup pada tahun 2008. Diharapkan dengan pekan gastronomi ini dapat mendorong masyarakat Spanyol, bekerjasama dengan orang Indonesia, untuk membuka restoran Indonesia di Madrid.
0 komentar:
Posting Komentar